Blog.
Penulis :
Bagikan ke :
Pada kuartal kedua tahun 2021, Facebook memiliki 2,89 miliar pengguna. Dengan hampir 3 juta orang menavigasi platform, usaha kecil dan menengah (dan market mereka) memiliki peluang unik untuk menarik perhatian audiens yang ditargetkan melalui iklan Facebook berbayar.
Jika dilakukan dengan benar, satu jenis iklan tertentu — Iklan Carousel Facebook — dapat mengubah gambar dan video menjadi titik kontak dinamis antara calon pelanggan dan bisnis Anda.
Tapi, apakah Facebook Carousel Ads tepat untuk setiap bisnis? Jika dijalankan dengan minim pengetahuan, Apakah berdampak negatif pada bisnis Anda? Apakah layak untuk investasi? Dalam artikel ini, kami akan memberikan pendoman untuk anda diantaranya, mendemonstrasikan cara menyiapkan Iklan Carousel Facebook, dan beberapa contoh yang sangat bermanfaat .
Iklan Carousel Facebook adalah jenis iklan dinamis dan interaktif yang dapat digunakan oleh tim marketing untuk menampilkan antara 2 dan 10 gambar atau video (dengan tautan) dalam satu ruang iklan. Pada platform seluler, pengguna dapat menggulir slide iklan dengan sapuan jari, dan pada platform desktop, pengguna dapat melakukan klik sederhana ke kiri atau kanan untuk menavigasi iklan. Iklan ini dirancang untuk memberi pengguna pengalaman organik yang mirip dengan menggulir melalui umpan cerita Facebook atau Instagram.
Iklan Carousel juga muncul di beberapa lokasi di seluruh platform Facebook, termasuk (namun tidak terbatas pada), feed Facebook standar, Stories, Audience Network, Marketplace, dan Messenger — memberi bisnis saturasi dan eksposur tambahan untuk iklan mereka.
Iklan Carousel Facebook dapat memberikan kontribusi nilai yang terukur pada strategi marketing branding bisnis anda. Namun, ada beberapa pertanyaan penting untuk ditanyakan kepada diri sendiri dan tim anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam jenis iklan berbayar ini.
Dalam mendapatkan brand awearnes perlu adanya anggaran dan sumber daya kreatif untuk membuat iklan yang memungkinkan mengubah prospek menjadi pelanggan.
Pada tahun 2021, rata-rata biaya per klik untuk iklan Facebook (di sebagian besar industri) adalah antara IDR 7161.57 dan IDR 28646.30.
Apakah Iklan Carousel cocok untuk strategi marketing anda? Dan jika ya, mengapa?
Sudahkah tim anda mengidentifikasi target audiens anda dan masalah yang perlu hadapi dengan goals yang akan di capai?
Sudah kah tim anda memiliki gambar dan/atau video berkualitas dari produk atau layanan Anda?
“Iklan Carousel memberi pengiklan lebih banyak fleksibilitas untuk menampilkan produk mereka daripada satu iklan gambar atau video. Pengiklan dapat menyertakan ulasan dengan produk terkait, memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengguna sebelum mengklik. Untuk pengiklan B2C, sangat penting untuk tampil di depan pengguna pada waktu yang tepat dengan produk yang tepat. Dengan iklan carousel dan penargetan audiens yang sesuai, pengiklan dapat menjangkau pengguna dengan produk yang tepat setiap saat.”
Stephanie Danckert, Manajer Periklanan Sosial di Semrush
Cara Memasang Iklan Carousel Facebook
Jika anda baru mengenal platform Facebook atau iklan media sosial secara umum mungkin akan sedikit membingungkan untuk membuat kampanye iklan berbayar multi-slide. Untungnya, Facebook telah membuat proses merancang dan mengimplementasikan Iklan Carousel Facebook menjadi sangat sederhana. Bahkan, Anda dapat melakukannya langsung dari halaman bisnis Anda.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi anda, Sebaik nya iklan di arahkan ke situs website atau page lainnya yang mencantumkan informasi yang di butuhkan. Dan berikut adalah beberapa tips & trik yang bisa membantu agar iklan anda lebih maksimal.
Spesifikasi & Dimensi Iklan Carousel Facebook Dimensi
minimum 1080×1080 piksel
Rasio gambar/video 1:1
Lebar dan tinggi minimum 600 piksel (untuk Iklan Carousel tradisional)
Ukuran gambar maksimum: 30 MB; ukuran video maksimum: 4GB
Panjang video maksimum: 240 menit
Ketahui Kapan Tidak Digunakan
Berkat desainnya yang luas dan aplikasi yang luas di seluruh platform Facebook, Iklan Carousel Facebook cocok untuk sebagian besar bisnis. Namun, ada beberapa kasus di mana Iklan Carousel mungkin membuang-buang sumber daya. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda memulai beriklan
Apakah Anda perlu membayar lebih untuk memulai beriklan tambahan jika Anda dapat menggunakan iklan gambar tunggal yang menarik untuk berhasil menarik pelanggan?
Sudahkah Anda mengidentifikasi target audiens anda?
Apakah halaman Facebook bisnis anda sepenuhnya dilakukan optimasi? Jika laman bisnis Anda tidak memiliki informasi yang mereka butuhkan, Pengunjung dari Iklan Carousel mungkin mengeklik dan melewati saja untuk membelanjakan uang mereka di iklan lainnya.
Apakah Anda memiliki seseorang ataupun tim untuk seorang account manager agar mengelola semua aktivitas atas kampanye iklan yang di jalankan?
Buat Pesan Anda Jelas
Salah satu dari sedikit kelemahan Iklan Carousel Facebook adalah potensi untuk secara tidak sengaja membuat pesan yang tidak jelas atau membingungkan. Dengan begitu banyak slide iklan yang anda inginkan, dimungkinkan untuk secara tidak sengaja mengasingkan pengguna melalui visual yang membingungkan atau teks yang berbelit-belit.
Jika anda tidak yakin apakah Iklan Carousel anda siap untuk prime time, kami telah menyertakan beberapa contoh iklan sedikit lebih jauh ke bawah halaman yang akan memberi Anda gambaran seperti apa tampilan pesan iklan yang jelas.
Bersandar pada Ruang Visual untuk Mendemonstrasikan
Iklan Korsel Produk Anda dibatasi hingga 125 karakter untuk teks dan 20 karakter untuk deskripsi tautan. Jika produk atau layanan Anda memerlukan banyak instruksi, Anda mungkin ingin menggunakan beberapa slide gambar untuk mendemonstrasikan produk secara visual. Anda juga dapat membuat video demonstrasi produk Anda.
Gunakan Video Definisi Tinggi
Tidak ada yang kurang menarik secara visual daripada video kasar. Iklan Carousel dirancang untuk menarik perhatian pengguna dengan cepat dan membuat mereka tetap terlibat dengan konten Anda. Untuk alasan itu, Anda harus bertujuan untuk memposting video definisi tinggi.
Fitur Produk Terlaris Pertama
Mungkin tampak jelas, tetapi Anda akan ingin memastikan produk berkinerja terbaik Anda terlebih dahulu. Jika ada kemungkinan kecil bahwa audiens Anda tidak akan menggulir melewati dua slide iklan pertama Anda, Anda dapat memindahkan slide yang menghentikan pertunjukan ke bagian depan iklan.
Terlibat Dengan Pemirsa Anda
Iklan Korsel Facebook memberi pengguna kemampuan untuk berkomentar dan bereaksi langsung terhadap iklan tersebut. Ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk menjawab pertanyaan terkait produk, mengatasi masalah, dan berbagi informasi umum tentang bisnis Anda. Dengan Iklan Korsel, Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau individu tepat di awal perjalanan pembelian mereka.
Jika Anda berencana menggunakan beberapa Iklan Korsel, sebaiknya Anda menugaskan manajer media sosial, manajer reputasi online, atau anggota staf lainnya untuk menangani komentar iklan ini secara tepat waktu.
Anda dapat melihat bagaimana kinerja Iklan Korsel Anda langsung di Pengelola Iklan Facebook. Anda bahkan dapat menjalankan laporan khusus untuk mengekstrak data persis yang Anda cari dengan melakukan hal berikut:
Navigasikan ke Pengelola Iklan
Klik “Kolom” di menu tarik-turun
Pilih “Keterlibatan Korsel”
Untuk melihat hasil:
Klik “Perincian”
Klik “Oleh Tindakan”
Pilih “Card Carousel”
Cara lain untuk melihat hasil adalah dengan membuka Pelaporan Iklan. Temukan “Sesuaikan Bilah Sisi Pivot” dan pilih “Metrik”. Di sini, Anda dapat melihat pengelompokan hasil iklan Anda.
Nike
Iklan Nike untuk sepatu Flyknit ini melakukan beberapa hal dengan benar. Teksnya singkat, informatif, dan menarik. Gambar menampilkan sepatu kets dengan menggunakan warna latar belakang yang halus, dan iklan memiliki beberapa slide yang menampilkan beberapa sudut berbeda pada sepatu.
Di zaman di mana pengembalian dan pertukaran pakaian online telah menjadi masalah besar bagi pelanggan dan pengecer, memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan pandangan 360 derajat dari suatu produk di awal perjalanan pembelian mereka adalah ide yang brilian. Pendekatan ini membantu mengurangi pengembalian yang tidak perlu — kemenangan bagi pengecer, pelanggan, dan planet ini.
Purple Carrot
Meal menargetkan orang-orang sibuk yang terlalu sibuk selama seminggu untuk membuat makanan dari awal. Iklan Wortel Ungu ini menunjukkan manfaat mengenal audiens Anda dengan baik — Anda dapat memaksimalkan ruang gambar iklan karena Anda tidak memerlukan banyak teks untuk menjelaskan apa yang Anda lakukan. Jika Anda mengenal pelanggan Anda, Anda dapat menyederhanakan pesan Anda.
Slide memiliki gambar berkualitas tinggi dari makanan asli yang datang dalam kotak Wortel Ungu. Iklan tersebut juga mencantumkan beberapa — tetapi tidak semua — bahan resep, yang mendorong pecinta kuliner untuk mengklik tombol “Pelajari Lebih Lanjut”.
Penggarap
Contoh ini menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan sedikit ruang teks iklan untuk mengatakan lebih banyak tentang produk Anda. Iklan Cultiver memiliki beberapa fotografi yang menarik, tetapi yang lebih mengesankan adalah bahwa iklan tersebut berbicara tentang fitur produk utama tanpa mengisi teks pada slide mereka.
Iklan Korsel Facebook bisa menjadi cara yang bagus untuk mengiklankan bisnis Anda, asalkan masuk akal bagi audiens Anda dan Anda mengikuti praktik terbaik.
Jika Anda telah memutuskan setelah membaca artikel ini untuk terus maju dengan Iklan Korsel, ingatlah hal-hal penting berikut:
Iklan Korsel Facebook memungkinkan Anda menampilkan banyak gambar dalam satu ruang iklan.
Bisnis yang menjual banyak produk bisa mendapatkan keuntungan dari banyak fitur iklan real estate.
Fitur Iklan Korsel dapat memperkuat kampanye pemasaran produk yang dibuat dengan baik.
Mereka juga dapat menyebabkan pesan yang membingungkan jika tidak ada strategi pemasaran yang diterapkan.
Bila digunakan dengan benar, Anda mungkin melihat tingkat biaya per klik yang jauh lebih rendah.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengelola strategi media sosial Anda, ikuti Kursus Perangkat Media Sosial Gratis kami.
Profil Sosial Anda
Penggarap
Contoh ini menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan sedikit ruang teks iklan untuk mengatakan lebih banyak tentang produk Anda. Iklan Cultiver memiliki beberapa fotografi yang menarik, tetapi yang lebih mengesankan adalah bahwa iklan tersebut berbicara tentang fitur produk utama tanpa mengisi teks pada slide mereka.
Pikiran Akhir
Iklan Korsel Facebook bisa menjadi cara yang bagus untuk mengiklankan bisnis Anda, asalkan masuk akal bagi audiens Anda dan Anda mengikuti praktik terbaik.
Jika Anda telah memutuskan setelah membaca artikel ini untuk terus maju dengan Iklan Korsel, ingatlah hal-hal penting berikut:
Iklan Carousel Facebook memungkinkan Anda menampilkan banyak gambar dalam satu ruang iklan.
Bisnis yang menjual banyak produk bisa mendapatkan keuntungan dari banyak fitur iklan real estate.
Fitur Iklan Korsel dapat memperkuat kampanye pemasaran produk yang dibuat dengan baik.
Mereka juga dapat menyebabkan pesan yang membingungkan jika tidak ada strategi pemasaran yang diterapkan.
Bila digunakan dengan benar, Anda mungkin melihat tingkat biaya per klik yang jauh lebih rendah.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengelola strategi media sosial Anda, ikuti Kursus Perangkat Media Sosial Gratis kami.
Track Profil Sosial Media Anda Sekarang.